Jumat, 05 September 2014

Prabu Klonosewandono

Prabu Klonosewandono
antara cerita, dongeng, legenda ataukah sejarah
Prabu Klonosewandono merupakan salah satu tokoh/figur dalam tarian Reyog Ponorogo sebagai Penguasa/Raja Kerajaan Bantarangin.
Ada beberapa versi yang dapat menggambarkan tokoh Klonosewandono.
  1. Prabu Klonosewandono adalah seorang Putra Raja Kahuripan/Jenggala (Raden Panji Kelana-Raden Panji Siswo Handono) - versi Ki Kasni Gunopati (mbah Wo Kucing)
  2. Prabu Klonosewandono adalah seorang Putra dari Prabu Airlangga - versi wengker
  3. Prabu Klonosewandono adalah merupakan tokoh fiktif/tidak dikenal - versi surukubeng
  4. Prabu Klonosewandono berguru kepada 3 Resi : Raden Mas Jin Jami Jaya (Penguasa gunung Semeru), Raden Panji Nilosuwarno (Penguasa sumur Jolotundo, Blitar) Ki Gedug Padang Ati (Penguasa gunung Probolinggo) dan terakhir berguru kepada Sunan Lawu - versi Ki Kasni Gunopati (mbah Wo Kucing)
  5. Prabu Klonosewandono adalah murid Ki Ajar lawu dari padepokan di lereng gunung Lawu - versi Bantarangin,
  6. Prabu Klonosewandono mendirikan kerajaan Bantarangin setelah selesai berguru di padepokan lereng gunung lawu
  7. Prabu Klonosewandono menerima mandat untuk memimpin Kerajaan Bantarangin dari 3 Resi yang sekaligus adalah gurunya - versi Ki Kasni Gunopati (mbah Wo Kucing)
Dari latar belakang di atas mungkin tidak akan bisa menjelaskan dengan rinci siapa sebenarnya Tokoh Prabu Klonosewandono yang terdapat dalam tarian Reyog Ponorogo, dan mungkin juga akan tetap menjadi misteri keberadaannya, karena masing-masing pemerhati budaya ataupun praktisi kesenian punya pendapat masing-masing tentang tokoh yang satu ini.

diambil dari berbagai sumber

1 komentar: